Stress Relief yang Menenangkan Bareng Tenteram

Halo! Saking penuhnya enam bulan terakhir ini, jadi bingung mau cerita dari mana. Mungkin kalau kalian perhatikan di beberapa postingan beberapa bulan lalu bakal tau nih, aku tuh kenapa sih. Udah dispill dikit, niatnya mau dijelasin tapi seperti tidak perlu ya. Cukup sampai di sana saja.

Biarkan asumsi liat itu menjadi bola salju yang berkembang tergantung bagaimana persepsi kalian Ketika membaca tulisanku. Laluuu kali ini mau cerita sedikit, event yang belum lama aku datangin. Event ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa bulan lalu, cuma karena saat itu posisi masih kerja full jadi nggak bisa datang. Lalu seminggu setelah resign akhirnya aku bisa ke sana dan mengajak adik dan sepupuku. Yeayy!!

Sebelum itu, aku penasaran deh, kalian kalau seminggu ngerasa hectic banget, hari Jum’atnya bakal bikin rencana apa? Kaya misalnya “Besok sabtu mau leha-leha aja”, “Besok mau makan itu ahh” atau rencana apapun yang bikin kalian happy dan balikin mood kalian yang jelek banget minggu ini.

Kadang kala setiap harinya ada aja hal yang nggak mengenakan. Entah rasa bingung, resah, ataupun perasaan lain yang kita juga nggak tau harus berbagi ke siapa atau malah dipendem gitu aja. Padahal perasaan-perasaan kaya gitu tuh hal yang biasa. Kamu bebas bercerita jika memang hal itu perlu mengurai rasa gelisahmu. Nah, kalau kalian nggak tau nih mau ngapain, atau nggak tau mau berbagi cerita sama siapa, kalian bisa ikutin kegiatan seru yang aku ikuti, namanya Tenteram.

Baca juga: Belajar Membatik di Museum Tekstil Jakarta

Tenteram yang Jadi Tempat untuk Jeda Sejenak

Bentuk kegiatan yang berkolaborasi dengan Kompas Gramedia ini menjadi wadah yang akan menemani setiap kegelisahan yang datang, menawarkan teman bercerita, hingga mengenali perasaan itu hingga kamu menerimanya.

Ada berbagai kegiatan seru yang terus mereka kembangkan. Setiap bulannya bakal ada kegiatan seru di Mindfullness Session danmenciptakan ruang tenang untuk memberikan ruang untuk diri sendiri di Ruang Tenteram. Biasanya kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jumat setiap awal dan akhir bulan.

Salah satu yang aku datangi awal resign itu adalah ke Ruang Tenteram. Lokasinya ada di O2 Corner Co-Working Space, Area Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta. (Seberang Bentara Budaya Jakarta). Saat aku datang ke sana Juni kemarin, ada kegiatan seru yang pas banget buat mengambil jeda sejenak dari aktivitas kita selama seminggu ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyadari bahwa setiap hal yang ada perlu kita syukuri dan menikmati momen berharga tersebut. Ada kegiatan Record a Story yang bisa jadi tempat kamu bercerita dan membagikan kekuatan yang kamu dapatkan hari itu di Ruang Tenteram kepada teman Tenteram lain.

Kalau kamu belum berani cerita, kamu bisa mendengarkan berbagai kisah dari Record a Story di korner Ruang Dengar. Dengan begitu kamu juga akan semakin kuat setelah mendengar cerita dari teman Tenteram lain. Apalagi kalau kamu anaknya Word Affirmation banget, wahh pasti bakal seru banget dengerin ini.

Ada juga Pohon Harapan yang bisa jadi tempat kamu untuk menggantungkan berbagai harapan baik di pohon itu. Kamu dapat percaya bahwa apapun yang kamu tuliskan di sana akan terwujud, aamiin.

Nggak cuma itu aja, ada juga Workshop Stress Ball yang bisa kamu ikuti untuk membantu kamu mengurangi stress. Sebenernya setiap bulan bakal banyak kegiatan yang beda-beda, tapi pas aku datang adanya workshop ini. Ada juga kegiatan melukis, puzzle maupun permainan lain.

Nggak perlu khawatir, semua kegiatan di atas gratis. Kamu tinggal bawa diri terus datang deh ke Gedung Kompas Gramedia yang di Palmerah. Wah seru banget. Aku pas ke sini malah milih melukin bareng saudaraku. Kaya happy aja gitu, bisa melukis sesuatu yang cuma ada di kepala. Seperti Stress Relief yang udah numpuk banget gitu.

Alat lukisnya juga udah disiapin kamu tinggal melukis aja terus hasil lukisannya juga bisa kita bawa pulang. Aku datang abis Zuhur sekitar jam 1 balik jam 3 dan itu nggak berasa saking serunya.

Hari ini ada kegiatan meronce atau membuat manik-manik, lho. Kamu bisa kepoin ignya di @menjaditenteram buat liat kegiatan serua setiap bulannya. Aku yakin sih bulan-bulan yang akan datang bakal lebih seru lagi. Nah, ini dia beberapa dokumentasi kegiatan aku di sana.

2Ags2024



3 responses to “Stress Relief yang Menenangkan Bareng Tenteram”

  1. waaaah kereeen kalo semuanya gratis 😘😍😍😍👍.

    ini bagian dari CSR mereka kali ya mba. Baru tahu ada tempat seperti ini. Mungkin cocok juga buatku yg lagi mulai stres ringan. Puzzle itu menarik. Krn aku sukaaa bgt puzzle mba. Di rumah suka susun, trutama puzzle yg 1000 keping 🤣🤣. Beneran stress relief. Walopun kadang2 bikin makin stress kalo diganggu Ama kucing2 ku 😄

  2. […] Baca juga: Stress Relief yang Menenangkan Bareng Tenteram […]

Tinggalkan Balasan

Eksplorasi konten lain dari

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca