Rasa suka itu… Rumit ya. Apalagi kalau udah sampai sayang. Nggak hanya sekadar mengetahui dia baik-baik aja, lebih dari itu, mungkin ada banyak hal yang dilakukan untuk seseorang yang kita sayang. Tanpa sadar, setelah mengenalnya kita banyak memberikan perasaan, bahkan menyeburkan diri pada rasa kasih dan sayang pada orang tersebut.
Rasa suka yang hadir dari berbagai hal. Suaranya, tingkahnya, perilakunya, sifatnya, atau bahkan hanya dari ketertarikan dan cara dia menyampaikan apa yang dia suka bisa jadi alasan. Tapi… sayangnya nggak semua rasa suka itu tepat. Seperti, ketika menyukai seorang idol.
Nampaknya, kejadian minggu ini cukup mengguncang banyak orang. Terutama kpopers. Berita seorang idol korea dengan sifat paling terang, katanya ‘greenflag’ buatan agensi bikin semua kaget. Siapa yang menyangka orang itu akan sebejat dan sejahat itu. Beritanya ramai, dan buat banyak rumor dan korban muncul. Entah, yang benar yang mana.
Baca juga: Menunggu Waktu
Nggak lama setelah berita itu muncul, ada satu twit yang aku suka, tulisannya gini
“Sebucin-bucinnya kamu sama idol kpop, tolong sediakan ruang kecewa karena a man will always be a man”.
Bener sih, setuju banget. Kadang ketika lagi senang-senangnya emang manusia suka lupa. Mereka juga manusia yang bisa melakukan kesalahan.
Sayangnya itu banyak dilupakan orang. Padahal, ya manusia bisa jadi jahat ketika digoda sama setan. Tampilan luar mungkin bisa keliatan baik, tapi who knows?
Apalagi idol! Yang bahkan kita nggak tau sifat asli mereka gimana, kehidupan asli mereka gimana, yang ada di kamera mungkin cuma buatan agensi aja dan dijaga betul pasti yang baik-baik aja. Kalau kata konten tiktok
“Yang ditampilin di media social biasanya yang enak-enak aja, kita nggak tau aslinya gimana”.
Mungkin kaya gitu. Bahkan ketika berita itu muncul, saat itu aku lagi mau pulang dari ngajar, sepanjang jalan ngomong “Wah gila banget, wah nggak nyangka, kok bisa?” dan wah-wah lainnya.
Gimana ya, soalnya ini orang satu brand sama bias gue :” makanya kaget, baik ke grup adeknya, tapi ternyata… siapa yang tau sejahat itu?
Aku atau kpopers fandom lain mungkin kaget, tapi jelas sih, yang merasa dibohongi dan kecewa banget pasti fansnya. Merasa dibohongi, dikecewain, tapi nyatanya dari awal kita sendirilah yang menyeburkan diri dan memberikan rasa sayang itu. Ketika tau aslinya gitu, kita merasa sangat kecewa dan jatuh.
Makanya, mulai sekarang, pelan-pelan ya bakal biasa aja, udah cukup mengguncang trust issue banget soalnya ini. Sampai mikir, wah jangan-jangan banyak juga idol yang kaya gini tapi nggak kebuka aja… kek serem banget nggak sih?
Baca juga: Dua Puluh Lima Tahun, Apa Masalahnya?
Jadi, pesan minggu ini, sukai idol sewajarnya aja. Jangan terlalu bucin, jangan terlalu sayang, sama orang yang deket kita aja bisa kecewa apalagi sama mereka. Mereka juga manusia yang bisa melakukan kesalahan. Don’t put much expectation. Karena ya balik lagi, kita nggak tau kehidupan asli mereka gimana.
Sebenernya nggak ekpektasi lebih, tapi… gila nggak sih dia jahat gitu dengan muka sepolos yang ditampilin di kamera?
So… tulisan ini sebenernya buat reminder diri sendiri. Yuk bisa yuk, pelan-pelan dikurangin. Sebenernya udah ngurangin dari awal tahun ini. Ditambah idolnya juga lagi hiatus sekarang. Semoga bisa semakin dikurangin ya.
—
-29Agustus2024


Tinggalkan Balasan