Tulisan ini didedikasikan untuk orang-orang di luar sana yang menganggap ketika ada perbedaan maka kalian harus berantem atau ribut.
Dahulu, aku termasuk orang yang percaya bahwa hanya persamaan yang dapat menyatukan apapun itu. Maksudnya seperti ini, ketika kalian Tim DC dan aku Tim Marvel, maka kita tidak dapat bersatu. Selalu mengagungkan persamaan dan menganggap orang yang mempunyai sifat, pendapat, dan kesukaan yang sama adalah orang yang sama dan merasa aku adalah bagian dari mereka.
Namun, sama halnya dengan waktu yang cepat berlalu, persepsi itu pun berubah. Persamaan mungkin memang bisa menyatukan, tapi adanya perbedaan bukan hal yang dapat menceraiberaikan. Ketika kita menganggap suatu kelompok berbeda, bukan kita yang menjauh atau menganggap mereka bukan bagian dari kelompok kita, tapi melihat perbedaan itu dengan pandangan terbuka yang saling menghargai.
Tak perlu berkonflik untuk suatu hal bernama perbedaan. Kita bisa hidup berdampingan dengan berbagai suku yang menjadi tentangga di sekitar rumah, menghargai mereka dan tentunya tetap saling membantu tanpa melihat latar belakang mereka. Mungkin yang digaungkan orang di luar sana memang hal yang sensitif, namun, sebagai seorang manusia kita tetap harus saling menghargai pendapat orang lain kan?
Jika memang salah, segera katakan dengan beri bukti yang kuat. Jika memang kalah, terima kekalahan dengan lapang dada. Jika memang merasa curiga, segera cari tahu. Tak perlu menggiring opini untuk membuat semua orang mempunyai persepsi yang sama dengan kelompok kalian. Yuk, kita masih tinggal di negara yang sama dan bernafas dalam ruang lingkup bumi yang sama. Selagi bisa damai dan saling menghargai, kenapa tidak?
—
#Day10
#OneDayOnePost30HRDC
#WritingChallenge30HRDC
#30HariRamadhanDalamCerita
#bianglalahijrah
—
-15Mei2019


Tinggalkan Balasan